Modul Ajar Fase F Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XII, SMK

 




A. Identitas Umum

1.       Identitas Sekolah: ... 

2.       Penyusun: ... 

3.       Mata Pelajaran: Bahasa Inggris

4.       Kelas/Semester: XII/Semester Ganjil

5.       Elemen: Menyimak-Berbicara

6.       Materi Pokok: Teks Eksposisi Analitis

7.       Alokasi Waktu: 8x45 Menit

 

B. Capaian Pembelajaran

Pada akhir Fase F, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya, dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespons pertanyaan terbuka serta strategi untuk memulai, mempertahankan, dan menyimpulkan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama serta detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu sosial dan untuk membahas minat, perilaku, dan nilai-nilai lintas konteks budaya yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka memberikan dan mempertahankan pendapatnya, membuat perbandingan, dan mengevaluasi perspektifnya. Mereka menggunakan strategi koreksi dan perbaikan diri, serta elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian besar konteks.

 

C. Kompetensi Awal

Sebelum mempelajari materi ini:

1.       Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur teks eksposisi analitis.

2.       Peserta didik mampu menganalisis dan menyusun argumen dalam teks eksposisi.

 

D. Profil Pelajar Pancasila

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan memiliki sikap yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yaitu: Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif.

 

E. Sarana dan Prasarana

  • 1.       LCD Projector/TV LED
  • 2.       Power Point
  • 3.       Youtube
  • 4.       Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
  • 5.       Laptop
  • 6.       Smartphone

 

F. Target Peserta Didik

Peserta didik reguler dengan tipikal umum, dan mampu menguasai materi ajar dengan baik dan tuntas.

 

G. Moda Pembelajaran/Model Pembelajaran

Pembelajaran dilakukan dengan tatap muka dengan model Discovery Learning.

 

2. KOMPETENSI INTI

A. Tujuan Pembelajaran

1.       Peserta didik akan mampu menyusun teks eksposisi analitis yang jelas dan terstruktur.

2.       Peserta didik akan mampu menyampaikan ide utama dan argumen secara logis dalam diskusi atau presentasi.

B. Pemahaman Bermakna

Peserta didik akan belajar bagaimana menganalisis dan menyusun argumen dalam teks eksposisi analitis untuk mengembangkan pemahaman mereka tentang berbagai topik.

 

C. Pertanyaan Pemantik

  • What makes an analytical exposition text effective and persuasive?
  • How can we structure an analytical exposition text to clearly present our arguments?
  • Why is it important to support our arguments with evidence in an analytical exposition?

 

D. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Kegiatan Awal

- Guru memperkenalkan konsep teks eksposisi analitis dan tujuan pembelajaran.<br>- Siswa melakukan diskusi kelompok untuk memilih topik teks eksposisi yang akan disusun.

15 menit

Kegiatan Inti

- Siswa melakukan penelitian awal secara mandiri atau dalam kelompok kecil untuk mengumpulkan informasi dan data yang relevan dengan topik yang dipilih.<br>- Siswa mempresentasikan hasil penelitian awal mereka kepada kelompok.<br>- Diskusi kelompok untuk merumuskan pertanyaan penelitian dan tujuan teks eksposisi.

45 menit

Kegiatan Penutup

- Guru memberikan umpan balik awal tentang pemilihan topik dan penelitian awal.<br>- Siswa merefleksikan pembelajaran mereka hari ini dan mempersiapkan diri untuk penelitian lanjutan.

15 menit

Pertemuan 2

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Kegiatan Awal

- Siswa mereview hasil penelitian awal dan menentukan fokus teks eksposisi.<br>- Diskusi kelompok untuk merumuskan struktur dan tujuan dari teks eksposisi analitis mereka.

15 menit

Kegiatan Inti

- Siswa mengembangkan outline teks eksposisi yang mencakup pendahuluan, tubuh teks, dan kesimpulan.<br>- Diskusi kelompok untuk merencanakan strategi presentasi proyek mereka.

45 menit

Kegiatan Penutup

- Siswa mempresentasikan outline dan rencana presentasi mereka kepada kelompok.<br>- Guru memberikan umpan balik terhadap struktur dan fokus teks eksposisi yang diusulkan.

15 menit

Pertemuan 3

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Kegiatan Awal

- Siswa mulai menulis draft pertama teks eksposisi mereka berdasarkan outline yang telah disusun.<br>- Diskusi kelompok untuk saling memberikan umpan balik konstruktif.

15 menit

Kegiatan Inti

- Siswa menyusun draft pertama teks eksposisi mereka secara individu atau dalam kelompok kecil.<br>- Guru memberikan bimbingan dan dukungan saat siswa mengembangkan teks mereka.

45 menit

Kegiatan Penutup

- Siswa merefleksikan proses penulisan mereka hari ini dan mengevaluasi progres mereka dalam menulis teks eksposisi.

15 menit

Pertemuan 4

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Kegiatan Awal

- Siswa menyelesaikan draft akhir teks eksposisi mereka.<br>- Diskusi kelompok untuk mempersiapkan presentasi proyek mereka.

15 menit

Kegiatan Inti

- Siswa mempresentasikan teks eksposisi dan hasil penelitian mereka di depan kelas.<br>- Guru dan teman-teman memberikan umpan balik yang konstruktif.

45 menit

Kegiatan Penutup

- Guru memberikan evaluasi formatif berdasarkan presentasi dan teks eksposisi yang disampaikan.<br>- Siswa merefleksikan pembelajaran mereka dan mengevaluasi proses penelitian dan penyusunan teks eksposisi.

15 menit

 

E. Assessment

Assessment Diagnostik Kognitif

Aspek Penilaian

Deskripsi

Rubrik

Penguasaan Materi

Evaluasi pemahaman siswa terhadap konsep teks eksposisi analitis.

1. Pemahaman Materi: 5 - Sangat Baik, 4 - Baik, 3 - Cukup, 2 - Kurang, 1 - Sangat Kurang.

Kemampuan Analisis

Mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis informasi kompleks.

2. Kemampuan Analisis: 5 - Sangat Baik, 4 - Baik, 3 - Cukup, 2 - Kurang, 1 - Sangat Kurang.

Penyusunan Argumen

Menilai kemampuan siswa dalam menyusun argumen yang koheren dan terstruktur.

3. Penyusunan Argumen: 5 - Sangat Baik, 4 - Baik, 3 - Cukup, 2 - Kurang, 1 - Sangat Kurang.

Assessment Diagnostik Non-Kognitif

Aspek Penilaian

Deskripsi

Rubrik

Kerja Sama

Mengukur kemampuan siswa dalam bekerja sama dalam kelompok.

1. Kerja Sama: 5 - Sangat Baik, 4 - Baik, 3 - Cukup, 2 - Kurang, 1 - Sangat Kurang.

Inisiatif

Menilai tingkat inisiatif siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas proyek.

2. Inisiatif: 5 - Sangat Baik, 4 - Baik, 3 - Cukup, 2 - Kurang, 1 - Sangat Kurang.

Kepemimpinan

Evaluasi kemampuan siswa dalam memimpin dan mengarahkan kelompok.

3. Kepemimpinan: 5 - Sangat Baik, 4 - Baik, 3 - Cukup, 2 - Kurang, 1 - Sangat Kurang.

 


 

Assessment Formatif

Aspek Penilaian

Deskripsi

Rubrik

Presentasi

Evaluasi presentasi siswa berdasarkan kejelasan, kecakapan, dan efektivitasnya.

1. Kejelasan dan Efektivitas: 5 - Sangat Baik, 4 - Baik, 3 - Cukup, 2 - Kurang, 1 - Sangat Kurang.

Penulisan

Menilai kualitas penulisan teks eksposisi siswa berdasarkan struktur dan isi.

2. Struktur dan Isi: 5 - Sangat Baik, 4 - Baik, 3 - Cukup, 2 - Kurang, 1 - Sangat Kurang.

Refleksi

Evaluasi refleksi siswa terhadap proses pembelajaran dan pengembangan diri.

3. Refleksi: 5 - Sangat Baik, 4 - Baik, 3 - Cukup, 2 - Kurang, 1 - Sangat Kurang.

 

SUMMATIVE TEST

Soal 1

Instructions: Read the following excerpt from an analytical exposition text and answer the question below.

"Smoking should be banned in all public places. This is because not only does it harm the health of smokers, but it also affects non-smokers who inhale second-hand smoke. In addition, banning smoking in public places can reduce litter caused by cigarette butts."

Question: What is the main argument presented in the excerpt above?

Answer: The main argument is that smoking should be banned in all public places due to health concerns for smokers and non-smokers, as well as to reduce litter.

Soal 2

Instructions: Identify the thesis statement in the following analytical exposition text.

"Genetically modified organisms (GMOs) have been a topic of debate for years. While proponents argue that GMOs can solve food shortages, critics point out potential health risks and environmental consequences."

Question: Which sentence serves as the thesis statement of the text?

Answer: "Genetically modified organisms (GMOs) have been a topic of debate for years."

Soal 3

Instructions: Read the following paragraph and answer the question.

"In conclusion, renewable energy sources such as solar and wind power are crucial for reducing carbon emissions. Unlike fossil fuels, they are sustainable and do not contribute to global warming. Governments should invest more in these technologies to secure a cleaner future for the next generations."

Question: What is the author's opinion about renewable energy sources?

Answer: The author supports the use of renewable energy sources because they are sustainable and environmentally friendly.

Soal 4

Instructions: Complete the following sentence with the appropriate information.

"One advantage of using analytical exposition texts in writing is __________."

Question: Fill in the blank with the correct answer.

Answer: "they help readers understand complex issues through logical arguments."

Soal 5

Instructions: Choose the best topic sentence for an analytical exposition about the benefits of recycling.

Options:

A. "Recycling is an effective way to reduce waste and conserve natural resources."

B. "Many people do not realize the importance of recycling."

C. "Recycling bins should be placed in every neighborhood."

Question: Which option is the best topic sentence?

Answer: A. "Recycling is an effective way to reduce waste and conserve natural resources."

Soal 6

Instructions: Identify the main idea of the following paragraph.

"Social media has revolutionized how people connect and communicate globally. It allows individuals to share information instantly and interact with others regardless of geographic boundaries."

Question: What is the main idea of the paragraph?

Answer: The main idea is that social media has transformed global communication by enabling instant sharing and interaction.

Soal 7

Instructions: Rewrite the following sentence to make it more concise without changing its meaning.

"In my opinion, studying abroad provides valuable experiences that enhance personal growth and cultural understanding."

Question: Provide the revised sentence.

Answer: "Studying abroad enhances personal growth and cultural understanding."

Soal 8

Instructions: Choose the appropriate transition word to complete the sentence.

"__________, it is essential to consider both sides of the argument before forming a conclusion."

 

Options:

A. Furthermore

B. However

C. Therefore

Question: Which transition word fits best?

Answer: A. Furthermore

Soal 9

Instructions: Correct the following sentence for grammatical accuracy.

"The key to write a successful analytical exposition is to present clear arguments."

Question: Provide the corrected sentence.

Answer: "The key to writing a successful analytical exposition is to present clear arguments."

Soal 10

Instructions: Describe the structure of an analytical exposition text in one sentence.

Question: What is the structure of an analytical exposition text?

Answer: An analytical exposition typically consists of a thesis statement, arguments supported by evidence, and a conclusion that reinforces the main argument.

 

           ................., Juni 2024

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                                          Guru Mata Pelajaran 



.........................                                                                                                          ..................................

 

 


0 komentar:

Posting Komentar