RPP Suggestion Offer-ekowahyudi.my.id |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Sekolah: ABCD
Kelas/Semester: XI/ Gasal
Materi Pokok: Suggestion and Offer
Alokasi Waktu: 6 JP
Kompetensi Dasar:
3.13 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
3.13.1 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan dalam teks tentang meminta dan memberi saran dan tawaran sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.13.2 Membedakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur bahasa dari berbagai ungkapan mengenai memberi dan meminta informasi tentang saran dan tawaran sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.13.1 Menyusun teks
lisan dan tertulis mengenai meminta dan memberi saran dan tawaran dengan
menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.13.2
Mengkomunikasikan secara lisan dan tertulis ungkapan tentang meminta dan
memberi saran dan tawarandengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang tepat sesuai dengan konteks penggunaan
A. Tujuan Pembelajaran
Dengan melalui pembelajaran problem based learning, peserta
didik dapat Menemukan
fungsi sosial teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terakait saran dan tawaran sesuai dengan
konteks penggunannya. Menemukan struktur
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terakait saran dan tawaran sesuai dengan konteks
penggunannya. .Menemukan unsur kebahasaan interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan
tawaran dengan tepat sesuai dengan konteks penggunannya. Mampu membuat dialog
dan mempraktekannya dengan percaya diri di depan kelas.
B. Langkah-Langkah
Pembelajaran (model Discovery learning)
KegiatanPendahuluan |
· Melakukanpembukaandengansalampembukadanberdoauntukmemulaipembelajaran,memeriksakehadiran · Mengaitkanmateri/tema/kegiatanpembelajaranyangakandilakukandenganpengalamanpesertadidikdenganmateri/tema/kegiatansebelumnyasertamengajukanpertanyaanuntukmengingatdanmenghubungkan · MenyampaikanprokesCovid 19 danmotivasitentangapayangdapatdiperoleh(tujuan&manfaat)denganmempelajarimateri: · Menjelaskanhal-halyangakandipelajari,kompetensiyangakandicapai,sertametodebelajaryangakanditempuh.
|
KegiatanInti |
Pertemuan 1 · Mengamati
teks lisan dan tulis tentang meminta dan memberi saran dan tawaran yang adadalam
E-learning SMK Penda 3 maupun yang ditampilkan/disampaikanlangsungoleh guru; · Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur
bahasa tentang meminta dan memberi saran
dan tawaran yang terdapat dalam teks; Pertemuan 2 · Mengumpulkan data mengenai fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari berbagai contoh teksmeminta dan memberi saran dan tawaran; · Mendiskusikan dan menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai teks meminta dan memberi
saran dan tawaran; Pertemuan 3 · Menerapkan struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks meminta dan memberi saran dan tawaran ke dalam latihan lisan dan
tertulis dengan tepat sesuai dengan konteks penggunaan; Pertemuan 4 · Menyusun teks lisan dan tulis tentang ungkapan
mengenai teks meminta dan memberi saran dan tawaran terkaitdengankegiatan di
bengkel ACdengan menggunakan struktur
teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai konteks penggunaan; · Mengkomunikasikan ungkapanmeminta dan memberi saran
dan tawaran secara lisan dan tulis terkaitdengankegiatan di bengkel ACdengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa
yang tepat sesuai konteks penggunaan
|
KegiatanPenutup |
·
Pesertadidik dan
guru
merefleksikegiatan pembelajaran.
·
Pesertadidik dan
guru
menarikkesimpulan darihasilkegiatanPembelajaran.
· GuruMemberikanpenghargaan(misalnyaPujianataubentukpenghargaanlainyang
·
Relevankepada
kelompokyang kinerjanyaBaik.
·
Menugaskan Peserta
didik untuk
terus mencari informasi dimana saja yang berkaitan
dengan materi/pelajaranyangsedang
atau yang akan pelajari.
·
Guru menyampaikan materipembelajaran berikutnya.
·
Guru menutup
kegiatanpembelajaran denganmengucapkansalamdan
doa.
C. Penilaian
1.
Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang
sikap kritis, kerja sama, dan komunikatif.
2.
Pengetahuan: Tes tulis bentuk uraian tentang
isi, pernyataan umum dan langkah-langkah pada teks interaksi transaksional
saran dan tawaran.
3. Keterampilan : presentasi hasil diskusi mengenai isi, pernyataan umum dan langkah-langkah pada teks transaksional saran dan tawaran.
A. LAMPIRAN MATERI
Fungsi Sosial
Ungkapan – ungkapan yang
berkaitan dengan memberi dan meminta informasi tentang saran dan tawaran sesuai
dengan konteks penggunannya .
Struktur teks
Giving
Suggestion
You had better wake up early.
You should learn English hardly.
Why
don’t you go to the doctor?.
How
about swimming this afternoon?.
Asking for Suggestion
Can
you tell me what should i do?
Do
you have any idea?
Would
you mind giving me your suggestion?
Giving Offering
Would
you like me to take you home?
May
i help you to bring your luggage?
Do
you mind if i give you a cup of coffee?
Responses
Accepting Sugestion
Thats
a good idea
Thank
you
I
think you are right.
Thats
very kind of you.
Refusing Suggestion
Thanks
for your suggestionbut i thnk i can’t do that
Sorry
but that won’t work
I
don’t think it’s a good idea
Refusing offering
No,thank
you
Sorry,I
can’t
Sorry,I
think...
Thanks,but
...
Please
don’t bother yourself
Unsur
Kebahasaan
- Ungkapan yang menunjukkan saran dan tawaran, dengan modal should dan can
- Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
B. INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : ABCD
Tahun pelajaran :
2021/ 2022
Kelas/Semester :
XI/ Gasal
Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
NO |
WAKTU |
NAMA |
KEJADIAN/ PERILAKU |
BUTIR SIKAP |
POS/ NEG |
TINDAK LANJUT |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
2 |
||||||
7 |
||||||
8 |
C. INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan
Pendidikan : ABCD
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/
Semester : XI/
Gasal
Kompetensi
Dasar :
3.13 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
IPK :
3.13.1 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan dalam teks tentang meminta dan memberi saran dan tawaran sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.13.2
Membedakan fungsi sosial, struktur teks
dan unsur bahasa dari berbagai ungkapan mengenai memberi dan meminta informasi
tentang saran dan tawaran sesuai dengan konteks penggunaannya.
Materi
Pokok : Saran
dan Tawaran
KISI-KISI
PENULISAN SOAL TES TERTULIS
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Satuan Pendidikan : ABCD
Jumlah Soal : 4
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Penyusun : Eko Wahyudi, S.Pd
No. Urut |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Kelas/ Smt |
Indikator Soal |
No. Soal |
1.
|
Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait saran dan tawaran, sesuai
dengan konteks penggunaannya |
Saran
dan tawaran |
XI/
Gasal |
Disajikan teks
interaksi transaksional saran dan tawaran, siswa dapa menentukan topik teks.
Disajikan teks
interaksi transaksional saran dan tawaran, siswa dapat menentukan tujuan
penulisan teks.
Disajikan teks
interaksi transaksional saran dan tawaran, siswa dapat menentukan jenis
tenses yang digunakan.
Disajikan teks
interaksi transaksional saran dan tawaran, siswa dapat menentukan ide utama
paragraph. |
1
2
3
4
5 |
LEMBAR
INSTRUMENT TERTULIS
I.
Read the dilogue below in turn with the student next to you!
Dudi : Hi,Ardi.Whats your plan this weekend?
Ardi : Hello,Dudi.I have no
plans at all.
Dudi : Why don’t you join us to visit the
Bandung zoo?
Ardi : It’s a good idea.What
will we do there?
Dudi : We are going to see various kinds of
animals
Ardi : Great!We should bring
some food too?
Dudi : That’s a good idea.
Ardi :What would you like to
have?
Dudi : How about nasi timbel?
Ardi :That sounds delicious.
Dudi : What time will we go?
Ardi : How about 9 o’clock? Is
it convenient for you?
Dudi : Yes
i agree with you. We will have alot of time to enjoy the place,then.
Ardi : Well i think i have to
go home now.
Dudi : By the way, did you get here by
motorcycle?
Ardi : No, my motorcycle is
broken and it is the workshop.
Dudi : Ok,then why don’t you go home
with me?
Ardi : Sounds great!Thanks.
Answer the questions
based on the dialoge above!
1.
What
did Dudi suggest to Ardi?
2.
Why
did Ardi agree with the Dudi’s offer?
3.
Whats
the meaning by “why don’t you go home with me?”
4.
What
happened to Ardi’s motorcycle?
5.
Mention some
expressions which are used in asking for and giving suggestion or an offer!
Pedoman Penskoran dan Kunci
Jawaban :
No. Soal |
Kunci Jawaban |
Skor |
1 |
He
asked Ardi to join him to visit the Bandung zoo. |
2 |
2 |
Because
he didn’t have any plan to do in the weekend. |
2
|
3 |
Dudi
offered Ardi to go home together. |
2 |
4 |
The
motorcycle was broken,and being repaired in the workshop. |
2 |
5 |
Why don’t you join us to visit the Bandung zoo? How
about nasi timbel? why
don’t you go home with me? What
will we do there? |
2 |
Jumlah Skor
|
10 |
Skor Maksimal = 100
D. INSTRUMEN TES KETERAMPILAN
Satuan
Pendidikan : ABCD
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/
Semester : XI/
Gasal
Kompetensi dasar :
4.13 Menyusun teks
interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
IPK :
4.13.1
Menyusun teks lisan dan tertulis mengenai meminta dan memberi saran dan tawaran
dengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.13.2
Mengkomunikasikan secara lisan dan tertulis ungkapan tentang meminta dan
memberi saran dan tawarandengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang tepat sesuai dengan konteks penggunaan.
KISI-KISI PENULISAN SOAL TES
PRAKTEK
TAHUN
PELAJARAN 2021/ 2022
Satuan Pendidikan : ABCD
Jumlah Soal : 1
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Penyusun : Eko Wahyudi, S.Pd
No. Urut |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Kelas/ Smt |
Indikator Soal |
No. Soal |
1. |
4.13 Menyusun teks
interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
Saran dan
Tawaran. |
XI/
Gasal |
Siswa dapat menulis
dialog berisikan kalimat saran dan tawaran.
|
1
|
Lembar
Soal Penilaian Keterampilan
Write
your sugestion or offering based on the
situation below !
1.
The
old man brings the heavy box.
2.
There
is a blind man want to cross the street.What will you offer?
3.
It’s
so cold . He gets toothache.
4.
I want to buy the shoes but it is limited
edition. Do you have any idea for me?
5.
She
wants to have her own money , do you have any idea?
RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN
No |
Unsur yang dinilai |
Skor maksimum |
1. |
Isi gagasan yang dikemukakan |
30 |
2. |
Organisasi isi |
15 |
3. |
Tata Bahasa |
20 |
4. |
Gaya : pilihan
struktur dan kosakata |
25 |
5. |
Ejaan |
10 |
|
Jumlah |
100 |
Nilai = (Perolehan Skor : Skor Maksimal) x 10
0 komentar:
Posting Komentar