A Portofolio: Hasil Terjemahan Abstrak Bahasa Inggris-Eko Wahyudi
Contoh 1: Abstrak Skripsi Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan-FKIP UNS
ABSTRACT
Contoh 2: Abstrak Tugas Akhir Mahasiswa Fakultas Ekonomi -FE UNS
Contoh 3: Abstrak Thesis Mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Jawa-UNNES
BAHASA SUMBER: BAHASA INDONESIA
PENINGKATAN
KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL DIGITAL BAHASA JAWA DENGAN
MENGGUNAKAN PROGRAM ADOBE CAPTIVATE UNTUK GURU SD DI KECAMATAN SEMARANG UTARA
Joko Sukoyo
j_sukoyo@yahoo.com
Fakultas Bahasa dan Seni Unnes
ABSTRAK
Dewasa ini komputer mengalami kemajuan yang begitu pesat. Penciptaan program-program baru sangat membantu dalam bidang pendidikan. Salah satunya adalah program adobe captivate. Program tersebut dapat digunakan untuk membuat soal-soal digital interaktif yang akan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Tetapi kompetensi guru khususnya guru SD di Kecamatan Semarang Utara dalam penguasaan teknologi termasuk program adobe captivate untuk pembuatan soal-soal digital bahasa Jawa masih sangat rendah. Soal-soal yang dikerjakan siswa mayoritas masih menggunakan soal yang diketik di kertas. Padahal dengan menggunakan soal digital, memungkinkan siswa mengerjakan secara langsung di depan komputer dan usai mengerjakan siswa dapat secara langsung melihat skor yang diperolehnya. Mengingat pemanfaatan soal digital dirasa perlu dan mendesak untuk dilakukan sehingga perlu diadakan pelatihan pembuatan soal-soal digital kepada guru-guru tersebut.
Permasalahan yang tercakup dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah bagaimana cara meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar di Kecamatan Semarang Utara dalam hal penyusunan soal digital bahasa Jawa dengan menggunakan program adobe captivate, dan bagaimana memanfaatkannya dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah 1) ceramah. 2) demonstrasi. 3) praktik langsung 4) Tanya Jawab, dan 5) Penugasan.
Peserta yang mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat sebanyak 47 guru SD di
Kecamatan Semarang Utara. Diantaranya berasal dari SD Panggung Kidul 01, SD
Panggung Kidul 02, SD Panggung Lor 01, SD Bulu Lor 01, dan SD Bulu Lor 02.
Materi yang diberikan kepada peserta meliputi pengenalan program adobe
captivate, penginstalan program adobe captivate, penulisan soal bahasa Jawa
berdasarkan kurikulum KTSP, penulisan soal digital bahasa Jawa dengan
menggunakan program adobe captivate, dan serangkaian latihan-latihan untuk
mempercepat keterampilan membuat soal digital mata pelajaran bahasa Jawa.
Pengabdian kepada masyarakat ini berdampak positif kepada guru-guru SD di
Kecamatan Semarang Utara. Terjadi peningkatan kemampuan dalam bidang komputer,
khususnya peningkatan penguasaan program adobe captivate untuk pembuatan soal
digital. Sebelum diadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat mereka sama
sekali tidak dapat membuat soal digital dengan program adobe captivate. Setelah
diadakan program pengabdian kepada masyarakat, dan diadakan evaluasi terjadi
peningkatan yang sangat signifikan, lebih dari 75% dapat membuat soal digital.
Kata Kunci: Program adobe captivate, soal digital bahasa Jawa
BAHASA SASARAN: BAHASA INGGRIS
Improving
Teacher’s Competence through Training of Javanese Language Digital
Question Arrangement by Using Adobe
Captivate Program for Elementary Teacher in North Semarang Sub District
Joko Sukoyo
j_sukoyo@yahoo.com
Language and Arts Faculty, Semarang State University
ABSTRACT
Nowadays,
the development of computer technology experiences fast improvement. Producing new programs very
aids education line. One of the programs is adobe captivate. This program can
be functioned to create new interactive digital questions which will make
teaching – learning process become more delightful. Unfortunately, the
competence of elementary teacher in North Semarang Sub District in mastering
technology, especially adobe captivate is still poor. Most students still
answer those questions in the form paper which is typed manually, whereas,
through the digital question, it enables students to answer questions in front
of the screen of computer directly and to see the students’ score after
finishing it. Since the usage of digital question is perceived as important and
crucial to do, it is urgent to practice a training of making digital questions
for those teachers.
The
problem including the society dedication is on how to improve the elementary teachers’
capability in North Semarang Sub District in arranging Javanese Language
digital question through applying adobe captivate program, as well as on
how to utilize it in the
teaching-learning process. The methods used in this activity are: 1) Speech 2)
Demonstration 3) Direct practice 4) Asking and answering question 5) Assignment
The audience joining the society dedication activity is 47 elementary teachers of North Semarang Sub District. They include from SD Panggul Kidul 01, SD Panggung Kidul 02, SD Panggung Lor 01, SD Bulu Lor 01, as well as SD Bulu Lor 02. The materials given to the audiences involve the introduction of adobe captivate program, installation of adobe captivate program, writing of Javanese Language based on KTSP curriculum, writing Javanese Language digital questions by using adobe captivate program, and wide range trainings to make fast skills in making Javanese Language digital question. The society dedication affects positive impact to the elementary teachers in North Semarang Sub District. There is improvement of capability in computer line, especially adobe captivate program mastery to make digital questions. Before holding society dedication, they can not make digital questions through adobe captivate at all. Fortunately, after holding this dedication as well as giving evaluation, it is occurred significant improvement, that is more than 75 percent teachers can make digital question.
Key Word:
captivate adobe, program, Javanese Language digital question