Silabus Bahasa Inggris Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017




Kompetensi Inti
<![if !supportLists]>1.      <![endif]>Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
<![if !supportLists]>2.      <![endif]>Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
<![if !supportLists]>3.      <![endif]>Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mina
tnya untuk memecahkan masalah
<![if !supportLists]>4.      <![endif]>Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
3.6 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan memberi dan menerima informasi terkait kegiatan  diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.6 Teks surat pribadi
4.6.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya
4.6.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Fungsi Sosial
Menjalin kedekatan hubungan antar pribadi
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Struktur Teks
Dapat mencakup
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Tempat dan tanggal
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Penerima
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Sapaan
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Isi surat
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Penutup
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Unsur Kebahasaan
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Ungkapan keakraban yang lazim digunakan  dalam surat pribadi
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Topik
Pengalaman, informasi, hal lain yang terkait dengan sekolah, rumah, dan masyarakat yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

Fakta:
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Di Tunjukkan Contoh teks surat pribadi.
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Teks surat berjudul Letter to GOD
Konsep
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Personal letter is a type letters containing personal purposes are usually written personally and addressed to other people by using language that is not standard
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Cara penulisan teks surat pribadi dengan benar sesuai konteks
Prinsip
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Pola kalimat ungkapan keakraban yang lazim digunakan  dalam surat pribadi
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Pola kalimat nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Keterangan waktu dalam present tense
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Tanda baca dan penulisan kata dalam menulis
Prosedur
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Langkah atau urutan kegiatan dalam menulis teks surat pribadi  
<![if !supportLists]>1.      <![endif]>Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan memberi dan menerima informasi terkait kegiatan  diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
<![if !supportLists]>2.      <![endif]>Menyimpulkan fungsi sosial teks untuk melaksanakan fungsi sosial terkait  teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan memberi dan menerima informasi terkait kegiatan  diri sendiri dan orang sekitarnya. 
<![if !supportLists]>3.      <![endif]>Menemukan unsur kebahasaan pada teks untuk melaksanakan fungsi sosial terkait teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan memberi dan menerima informasi terkait kegiatan  diri sendiri dan orang sekitarnya

<![if !supportLists]>4.    <![endif]> 
<![if !supportLists]>6.      <![endif]> 
<![if !supportLists]>1.      <![endif]>Mencermati teks surat pribadi
<![if !supportLists]>1.      <![endif]>Menemukan informasi tertentu dari surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya
<![if !supportLists]>2.      <![endif]>Menentukan gambaran umum dari surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya
<![if !supportLists]>3.      <![endif]>Menemukan makna kata/ frase/ kalimat dari surat pribadi
<![if !supportLists]>4.      <![endif]>Menentukan pikiran pokok dari suatu paragraf surat pribadi
<![if !supportLists]>1.      <![endif]>Membuat surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Menyimak dan menirukan guru membacakan beberapa contoh surat pribadi dengan ucapan, dan tekanan kata yang benar.
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Membaca dengan suara lantang dan bermakna, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Mencermati satu tabel yang menganalisis unsur-unsur eksposisi, bertanya jawab, dan kemudian menerapkannya untuk menganalisis dua surat pribadi lainnya
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Mencermati rangkaian kalimat yang masing-masing merupakan bagian dari tiga surat pribadi yang dicampur aduk secara acak, untuk kemudian bekerja sama mengelompokkan dan menyusun kembali menjadi tiga surat pribadi yang koheren, seperti aslinya
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Membuat surat pribadi untuk satu orang teman di kelas tentang suatu hal yang relevan, dan kemudian membalasnya
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar
·  16 JP
·  Buku bahasa inggris
·  Kamus bahasa inggris
·  Internet
·  Sumber lain yang relevan
·  Tertulis
·  Unjuk kerja
·  observasi
3.7 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan because of ..., due to ..., thanks to ...)
4.7 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan  sesuai konteks
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Fungsi Sosial
Menjelaskan, memberikan alasan, mensyukuri, dsb.
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Struktur Teks
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Memulai
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Unsur Kebahasaan
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Kata yang menyatakan hubungan sebab akibat: because of ..., due to ..., thanks to ...
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Topik
Keadaan, perbuatan, tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya yang layak dibahas melalui sebab akibat yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI.

Fakta:
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Di Tunjukkan Contoh teks hubungan sebab akibat.
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Road users such as motorcycles and cars nowadays many are not heeding traffic rules and regulations. Such as running red lights are still burning, accelerate the vehicle above the maximum limit, precede each other, some even deprive the pedestrians by riding a motorcycle on the sidewalk. This kind of behavior is very harmful both for the riders themselves and others around them. No wonder the number of traffic accidents in Indonesia is increasing every year
Konsep
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Paragraph causation is a paragraph that was developed from inductive pattern in which the sentence is primarily located at the end of the paragraph. At paragraph causation, the main sentence is the result of causes that is specifically expressed at the beginning of a paragraph
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Cara penulisan teks hubungan sebab akibat dengan benar sesuai konteks
Prinsip
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Pola kata yang menyatakan hubungan sebab akibat: because of ..., due to ..., thanks to
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Pola kalimat nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Keterangan waktu dalam present tense
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Tanda baca dan penulisan kata dalam menulis
Prosedur
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Langkah atau urutan kegiatan dalam menulis teks hubungan sebab akibat  
<![if !supportLists]>1.      <![endif]>Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya
<![if !supportLists]>2.      <![endif]>Menyimpulkan fungsi sosial teks untuk melaksanakan fungsi sosial terkait interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat  
<![if !supportLists]>3.      <![endif]>Menemukan unsur kebahasaan pada teks untuk melaksanakan fungsi sosial terkait teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat

<![if !supportLists]>4.    <![endif]> 
<![if !supportLists]>7.      <![endif]> 
<![if !supportLists]>1.      <![endif]>Membuat teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan  sesuai konteks
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Menyaksikan/menyimak beberapa interaksi dalam media visual (gambar atau video) yang melibatkan pernyataansebab akibat
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Mengidentifikasi dan menyebutkan situasi yang memunculkan pernyataan sebab akibat dan menyebutkan pernyataan yang dimaksud
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Bertanya dan mempertanyakan tentang hal-hal yang tidak diketahui atau berbeda
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Diberikan beberapa situasi peserta didik menulis teks pendek yang melibatkan pernuataan sebab akibatdan kemudian dibacakan ke kelas
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Melakukan pengamatan di lingkungan daerahnya dan sekitarnyadan kemudian membuat beberapa pandangan yang melibatkansebab akibat terkait dalam upaya menjaga, memelihara dan memperbaikinya
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar
·  16 JP
·  Buku bahasa inggris
·  Kamus bahasa inggris
·  Internet
·  Sumber lain yang relevan
·  Tertulis
·  Unjuk kerja
·  observasi
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks explanation lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait gejala alam atau sosial yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas XI, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks explanation lisan dan tulis, terkait gejala alam
atau sosial yang tercakup dalam mata  pelajaran lain di kelas XI
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Fungsi Sosial
Menjelaskan, memberi gambaran alasan terjadinya suatu fenomena
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Struktur Teks
Dapat mencakup:
<![if !supportLists]>·         <![endif]>fenomena
<![if !supportLists]>·         <![endif]>identitas gejala
<![if !supportLists]>·         <![endif]>rangkaian penjelasan
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Unsur Kebahasaan
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Adverbia first, then, following, finally
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Hubungan sebab-akibat (if –then, so, as a consequence, since, due to, because of, thanks to
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Kalimat pasif, dalam tenses yang present
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Topik
Benda-benda non manusia, seperti air, penguapan, hujan dengan paparan yang menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI

Fakta:
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Di Tunjukkan Contoh teks explanation berupa information report
Konsep
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Explanation text (text explanation) is a text that contains the processes associated with natural phenomena, soisal, science, culture and more. An Explanation text is usually derived from the corresponding author questions 'why' and 'how' of a phenomenon 
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Cara penulisan teks explanation berupa information report dengan benar sesuai konteks
Prinsip
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Pola kalimat adverbia first, then, following, finally
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Pola kalimat hubungan sebab-akibat (if –then, so, as a consequence, since, due to, because of, thanks to
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Pola kalimat pasif, dalam tenses yang present
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Keterangan waktu dalam present tense
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Tanda baca dan penulisan kata dalam menulis
Prosedur
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Langkah atau urutan kegiatan dalam menulis teks explanation berupa information report  
<![if !supportLists]>1.      <![endif]>Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan explanation lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait gejala alam atau sosial
<![if !supportLists]>2.      <![endif]>Menyimpulkan fungsi sosial teks untuk melaksanakan fungsi sosial terkait beberapa teks explanation  mengenai gejala alam atau sosial
<![if !supportLists]>3.      <![endif]>Menemukan unsur kebahasaan pada teks untuk melaksanakan fungsi sosial terkait terkait beberapa teks explanation  mengenai gejala alam atau sosial

<![if !supportLists]>4.    <![endif]> 
<![if !supportLists]>8.      <![endif]> 
<![if !supportLists]>1.      <![endif]>Mempresentasikan makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks explanation lisan dan tulis, terkait gejala alam atau sosial yang tercakup dalam mata  pelajaran lain di kelas XI
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Membaca beberapa teks information report terkait mata pelajaran lain di Kelas IX
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Menggunakan alat analisis, mengidentifikasi bagian-bagian struktur teks report dan mengamati cara penggunaanya, seperti yang dicontohkan
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Bertanya jawab tentang beberapa teks lain lagi dengan topik yang berbeda
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk membuat teks-teks tentang fenomena alam pendek dan sederhana.
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Menempelkan teks masing-masing di dinding kelas untuk dibaca temannya
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Mempresentasikan teksnya kepada teman-teman yang datang membaca
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Melakukan langkah yang sama dengan topik fenomena sosial
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
·  16 JP
·  Buku bahasa inggris
·  Kamus bahasa inggris
·  Internet
·  Sumber lain yang relevan
·  Tertulis
·  Unjuk kerja
·  observasi
3.9 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK
4.9 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Fungsi sosial
Mengembangkan nilai-nilai kehidupan dan karakter yang positif
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Unsur kebahasaan
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Kosa kata dan tata bahasa dalam lirik lagu
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Topik
Hal-hal yang dapat memberikan keteladanan dan menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

Fakta:
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Di Tunjukkan Contoh teks lirik lagu.
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Teks lagu berjudul “Stand By Me”
Konsep
<![if !supportLists]>·         <![endif]>The song is the art of tones or sounds in sequence, combination and temporal relationships are usually accompanied by musical instruments to produce music that contains a rhythm or rhythmic sound of the call with a song
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Cara penulisan lirik lagu dengan benar sesuai konteks
Prinsip
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Pola kosa kata dan tata bahasa dalam lirik lagu
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Tanda baca dan penulisan kata dalam menulis
Prosedur
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Langkah atau urutan kegiatan dalam menulis teks lirik lagu  
<![if !supportLists]>1.      <![endif]> Menganalisis fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja
<![if !supportLists]>2.      <![endif]>Memahami ungkapan yang mengandung informasi dan nilai moral terkait topik dari lagu.
<![if !supportLists]>3.      <![endif]>Mengidentifikasi ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
<![if !supportLists]>4.      <![endif]>Menganalisis fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu yang mengandung keteladanan
<![if !supportLists]>5.      <![endif]>Menganalisis fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu yang mengandung inspirasi

<![if !supportLists]>1.      <![endif]>Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK
<![if !supportLists]>2.      <![endif]>Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan  lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/ SMK/MAK
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Membahas hal-hal yang terkait dengan tema lagu yang liriknya akan segera dibaca
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Membaca dan mencermati isi lirik lagu terkait dengan pembahasan sebelumnya
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Menyimak, dan menirukan guru membaca lirik lagu secara bermakna
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Menyebutkan bagian-bagian yang terkait dengan pesan-pesantertentu
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Membahas pemilihan kata tertentu terkait dengan tema lagu
<![if !supportLists]>·         <![endif]>Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
·  12 JP
·  Buku bahasa inggris
·  Kamus bahasa inggris
·  Internet
·  Sumber lain yang relevan
·  Tertulis
·  Unjuk kerja
·  observasi

0 komentar:

Posting Komentar